Berwisata di Goa Akbar Tuban

Berwisata di Goa Akbar Tuban - Wisata alam di Tuban seakan tiada habisnya! Setelah beberapa waktu yang lalu bloggertuban.com membahas mengenai Air Terjun Nglirip, Air Terjun Banyu Langsih dan Terminal Wisata Kambang Putih Tuban, sekarang kita akan membahas tentang Goa Akbar. Goa yang berada dibawah pasar baru Tuban.

Wisata Goa Akbar, berada pada tempat yang strategis dan mudah diakses. Lokasi wisata ini berada dibelakang sekaligus berada dibawah pasar baru Tuban. Lhoh, kok bisa? Bisa seperti itu karena pintu masuk goa ini memang berada dibelakang pasar baru, namun lorong-lorong goa sepanjang 1,2 kilometer berada berkelok-kelok dibawah pasar baru.

Goa akbar menawarkan wisata alam yang dibalut wisata sejarah. Goa Akbar yang diperkirakan berusia 20 juta tahun dan merupakan bagian dari sejarah Kabupaten Tuban, dahulu kala diceritakan Sunan Bonang mengetahui keberadaan Goa Akbar atas ajakan Sunan Kalijaga (saat itu terkenal sebagai Brandal Lokajaya).

Goa Akbar oleh Sunan Kalijaga dijadikan sebagai tempat tinggal setelah kasus Brandal Lokajaya, perampok dihutan perbatasan Tuban-Jawa Tengah yang mengaku-ngaku sebagai dirinya, sehingga membuat Sunan Kalijaga diusir oleh Wilotikto, Bupati Tuban ke-9 sekaligus ayahandanya. 

Sunan Bonang terpesona dan langsung berucap "Allahu Akbar" pada saat memasuki goa dan melihat keindahan pemandangan Goa Akbar. Sejak kejadian itu, goa tempat tinggal Sunan Kalijaga lantas dinamakan Goa Akbar. 

Ada versi lain yang berkembang dimasyarakat, didaerah sekitar goa banyak dijumpai pohon Abar. Masyarakat setempat sering menyebutnya Ngabar. "Ngabar" berarti latihan (dalam bahasa jawa). 

Menurut cerita, Goa Akbar pernah menjadi tempat latihan ilmu kanuragan prajurit Ronggolawe yang berencana mengadakan pemberontakan ke Kerajaan Majapahit sebagai bentuk ketidakpuasan Ronggolawe atas pelantikan Nambi sebagai Maha Patih Majapahit.

Kini, wisata alam Goa Akbar sudah dikelola oleh Pemkab Tuban, didalam tempat wisata ini pengunjung dapat menikmati keindahan stalagmit dan stalagtit goa. Selain keindahan stalagmit dan stalagtit, didalam goa pengunjung akan disuguhi sumber mata air alam yang mengalir dengan deras didalam perut bumi. Pengunjung juga bisa melaksanakan ibadah sholat didalam musholla yang ada didalam goa.

Tertarik berkunjung dan Berwisata di Goa Akbar Tuban? Agar semakin tertarik dan penasaran dengan wisata alam satu ini. Berikut foto-foto Goa Akbar Tuban.

Tangga memasuki Goa Akbar Tuban.
Tangga memasuki Goa Akbar Tuban.

Bebatuan di Wisata Alam Goa Akbar Tuban.
Bebatuan di Wisata Alam Goa Akbar Tuban.

Pemandangan dari tangga pintu masuk Goa Akbar.
Pemandangan dari tangga pintu masuk Goa Akbar.

Pasepen Kori Sinandhi: Goa Akbar Tuban.
Pasepen Kori Sinandhi: Goa Akbar Tuban.

Suasana didalam Goa Akbar, tangga jalur pengunjung dan kolam ikan.
Suasana didalam Goa Akbar, tangga jalur pengunjung dan kolam ikan.

Penjual Batik Gedog Tuban di lokasi Goa Akbar: Batik khas Kabupaten Tuban.
Penjual Batik Gedog Tuban di lokasi Goa Akbar: Batik khas Kabupaten Tuban.
Berwisata di Goa Akbar Tuban Berwisata di Goa Akbar Tuban Reviewed by Ahmad Mu'azim Abidin on 05.22 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.