-->

Headline News


Wisata Laut Tuban Yang Elok, Tapi Sayang...

Assalamu'alaikum, selamat malam sobat Blogger Tuban. Semoga aktivitasnya pada malam hari ini diberikan kelancaran. Yang lagi belajar semoga diberi kemudahan untuk menyerap ilmu yang dipelajari, yang lagi ngopi semoga diberi tambahan ilmu juga dari ngobrol ngalor-ngidul yang dilakoni hehe.

***

Kali ini saya mau berbagi tentang sebuah tempat wisata yang sangat elok di Kabupaten Tuban tercinta. Sesuai judul, pasti sobat sudah tahu dong kalo tempat yang akan saya tulis bernama Wisata Laut Tuban.

Wisata Laut Tuban sendiri adalah salah satu tempat wisata yang (seharusnya) menjadi salah satu tujuan wisata unggulan di Kabupaten Tuban. Hal ini dikarenakan keunikan tempat wisata ini yang berada dipinggir pantai serta dibangun dengan sangat megah dan menjorok ke laut. Kemegahannya bisa sobat mulai lihat dan rasakan dari pintu gerbangnya. Sebuah bagunan pintu masuk yang sekilas nampak berlantai dua dengan dua buah pintu geser samping berlogo kuda Ronggolawe.

Tempat wisata laut ini, dikenal juga dengan sebutan TWT, atau Terminal Wisata Tuban. Jadi sobat tak usah bingung kalau ada teman atau keluarga yang ingin berlibur ke TWT. Ajakin saja ke Wisata Laut Tuban! Tempatnya sama, cuma beda sebutan saja!

Sejalan dengan kemegahan bangunan Wisata Laut Tuban, didalamnya terdapat berbagai fasilitas hiburan. Antara lain ada kolam renang, ada taman beserta ayunan dan plorotan, ada pula gedung yang menjadi zona permainan dengan ruangan ber-AC, dan tentu saja mesin-mesin permainan modern didalamnya. Tidak kalah dengan yang ada di GameFantasia deh...

Tetapi, meskipun Wisata Laut Tuban ini dibangun dengan berbagai fasilitas penunjang, serta dibangun dengan sangat megah, tadi siang saat saya berkunjung kesana, kondisi tempat wisata yang satu ini sangat disayangkan: TIDAK TERURUS alias TERBENGKALAI! 

Banyak fasilitas Wisata Laut Tuban yang terlihat kumuh, pepohonan cemara yang menghijau tampak kumuh karena tidak terurus. Fasilitas yang ada di zona permainan, sangat menggiurkan untuk dicoba, tetapi sayang, gedung zona permainan ditutup rapat. Dan dari luar, gedung zona permainan yang ditutup ini malah tampak menyeramkan. Megah, namun tertutup dan sepi.

Beralih ke fasilitas lainnya, ke fasilitas kolam renang. Meskipun berada dikawasan Wisata Laut Tuban, pengunjung diharuskan membayar lagi untuk bisa masuk kedalam fasilitas kolam renang. Saya tadi tidak masuk ke fasilitas ini (soalnya harga tiketnya lebih mahal dibanding harga tiket kawasan), jadi hanya mengetahui kondisi fasilitas kolam renang dari luar saja. 

Dari luar, fasilitas kolam renang yang terlihat adalah plorotan besar berwarna biru, lalu terlihat juga bak penampung air, yang akan tumpah jika airnya sudah terisi penuh, tangga plorotan juga terlihat dari luar fasilitas kolam renang. Khusus untuk tangga plorotan, terlihat kondisinya sangat memprihatinkan, terlihat sudah berkarat dan kropos.

Penutup dari cerita perjalanan saya tadi siang di Wisata Laut Tuban/Terminal Wisata Tuban, sangat disayangkan sekali. Bangunan dan fasilitas megah yang dibangun untuk tempat wisata ini tidak terurus dan terbengkalai. Diperlukan keseriusan dari berbagai pihak terkait untuk 'menyelamatkan' objek wisata yang bisa menjadi penggerak perekonomian masyarakat secara langsung ini. Semoga!

Key Guide Wisata Laut Tuban :
  • Lokasi : Kecamatan Jenu, belakang terminal baru Tuban
  • Biaya masuk portal : Sepeda Motor Rp 1.000,00
  • Tiket masuk kawasan : Dewasa Rp 5.000,00
  • Tiket masuk kolam renang : Dewasa Rp 12.500,00

Gerbang Wisata Laut Tuban
Gerbang Wisata Laut Tuban

Zona Permainan Wisata Laut Tuban
Zona Permainan Wisata Laut Tuban

Pintu Kolam Renang Wisata Laut Tuban
Pintu Kolam Renang Wisata Laut Tuban

Kolam Renang Wisata Laut Tuban
Kolam Renang Wisata Laut Tuban

Tangga Kolam Renang Wisata Laut Tuban
Tangga Kolam Renang Wisata Laut Tuban

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Scroll to top