Tips 'Night Trip' di Kota Tuban

Haloha.... Sudah makan siang kah sobat Blogger Tuban semua? Belum? Wah, cepetan makan siang dulu, biar aktivitasnya makin lancar dan semangat dalam menjalaninya :)

Tips 'Night Trip' di Kota Tuban - Sekedar berbagi tips nih, siapa tahu bagi sobat Blogger Tuban yang punya rencana untuk bepergian ke Kota Kabupaten Tuban pada malam hari, tips ini bisa bermanfaat untuk "Night Trip" yang akan dilalui sobat semuanya.

Suasana malam hari di kompleks Alun-alun Tuban: Foto Kantor Bupati.
Suasana malam hari di kompleks Alun-alun Tuban: Foto Kantor Bupati.
Berkendara dimalam hari (terutama menggunakan sepeda motor), selain harus waspada karena minimnya cahaya bila dibandingkan pada saat berkendara disiang hari, juga harus tahu seluk-beluk daerah yang akan sobat kunjungi. Hal ini supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara. Nah berikut ini tips berkendara dimalam hari "Night Trip" di Kota Tuban :

  1. Persiapkan kendaraan kalian : Jangan sampai perjalanan "Night Trip" menjadi kacau karena kendaraan mengalami kerusakan. Kalau kehabisan bahan bakar, ban sepeda bocor, mau mencari penjual bensin/SPBU dan bengkel dimana wong malam hari? 
  2. Persiapkan kelengkapan kendaraan bermotor : STNK dan SIM + KTP. Untuk menghindari razia dari aparat berwenang, persiapkan kelengkapan identitas dan kelengkapan kendaraan bermotor yang akan kalian gunakan. Lebih nyaman dan tenang kalau mematuhi aturan!
  3. Jangan lupa pakai peralatan keselamatan berlalu lintas : Pakai helm itu lebih keren lho! So, jangan melakukan perjalanan dimalam hari menuju Kota Tuban kalau tidak memakai peralatan keselamatan berlalu lintas seperti helm dan jaket.
  4. Patuhi aturan lalu lintas, ini kota bro! 

Kota Tuban dimalam hari itu :

  1. Terkonsentrasi dibeberapa pusat keramaian : Pusat kegiatan masyarakat Kota Tuban pada malam hari adalah disekitar :

    • Kompleks Gedung Olahraga Rangga Jaya Anoraga (Jl. Sunan Kalijaga), disini kalian bisa belanja kuliner. Mulai dari minuman sampai makanan tersedia disepanjang trotoar jalan ini. Kalian juga bisa bermain atau berjalan-jalan diarena olahraga yang selesai dibangun beberapa waktu yang lalu.  
    • Jl. Basuki Rahmat. Di jalan yang membelah tengah kota ini kalian akan dapati keramaian orang-orang yang hilir-mudik dimalam hari. Jalan Basuki Rahmat atau yang sering disebut Basra adalah pusat jual-beli di Kota Tuban. Pusat perbelanjaan juga ada dan terletak di Basra, yaitu Bravo. Jalan Basuki Rahmat berada setelah Jalan Sunan Kalijaga (dari arah barat).
    • Alun-alun Tuban, selain ramai dengan para peziarah Makam Sunan Bonang, pada malam hari di Alun-alun Tuban banyak pedagang makanan ringan yang berjualan disepanjang jalan didepan kantor bupati. Kegiatan lain yang biasa terkonsentrasi disini pada malam hari adalah kegiatan bersepatu roda dan kegiatan free style kendaraan bermotor roda dua (pada larut malam).
    • Pinggir pantai Tuban (Jl. R.E Martadinata), setiap malam hari, lokasi pinggir pantai (dekat dengan Klenteng Kwan Sing Bio) ini selalu ramai dengan para penjaja minuman dan makanan ringan. Anak-anak muda Kota Tuban biasanya menghabiskan malam secara bergerombol disepanjang pinggir pantai yang berada di jalur Pantura ini dengan menikmati segelas minuman hangat.

    Suasana malam hari di Jl. Sunan Kalijaga/Kompleks Gor Rangga Jaya Anoraga
    Suasana malam hari di Jl. Sunan Kalijaga/Kompleks Gor Rangga Jaya Anoraga


  2. Pencahayaan minim dan jalanan berlubang : Pada beberapa titik ruas jalan, lampu lalu lintas tidak berfungsi alias padam. Kondisi demikian tentu membuat jalanan menjadi gelap dan patut diwaspadai. Apalagi juga ditemui jalanan berlubang (di Jalan Letda Sucipto, Jalan R.E Martadinata, Sekitar alun-alun, Jalan Gedong Ombo). So, berhati-hatilah :)
  3. Diatas jam 9, lampu lalu lintas dimatikan : Ini yang asyik, kalau kita jalan-jalan ke Kota Tuban pada malam hari, diatas jam 9 malam maka lampu lalu lintas yang berada dikawasan kota akan dimatikan oleh pihak kepolisian. Hal ini tentu saja mengurangi hambatan kita dalam berkendara, karena tidak harus berhenti karena lampu lalu lintas menyala Merah.
Siap untuk berpetualang "Night Trip" di Kota Tuban?


Catatan : Kota Tuban adalah kawasan pemerintahan kabupaten.
Tips 'Night Trip' di Kota Tuban Tips 'Night Trip' di Kota Tuban Reviewed by Ahmad Mu'azim Abidin on 13.47 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.