-->

Headline News


Tempat Wisata Asyik di Kabupaten Tuban

Bumi Wali (ada juga yang menyebut Bumi Ronggolawe) yang berada dipinggir pantai utara Jawa dan memiliki akses jalan yang mulus hampir pada semua jalanannya mempunyai beragam tempat wisata asyik yang bisa menjadi tujuan ketika berwisata di Bumi Wali Kabupaten Tuban.

Kenapa asyik? Karena banyak spot yang bisa dipergunakan untuk berwisata. Selain itu, akses jalan untuk menuju ke tempat wisata sudah diaspal "mulus" sehingga akan memudahkan ketika ingin berwisata ke beberapa tempat wisata di Kabupaten Tuban.

Beberapa dari tempat wisata asyik di Kabupaten Tuban menawarkan keindahan alam pantai utara dan beberapa lainnya menawarkan keindahan hutan alam dan budaya. Langsung ke  Te Ka Pe...

1. Masjid Agung Tuban
Masjid Agung Tuban berada satu kompleks dengan tempat wisata Makam Sunan Bonang, Alun-alun Tuban, Museum Kambang Putih dan Pantai Boom. Tempat wisata yang satu ini sudah pasti tidak akan pernah terlewatkan oleh para peziarah maupun para wisatawan karena arsitektur bangunannya yang megah.

Masjid Agung Tuban tampak depan.

2. Makam Sunan Bonang
Berada dibelakang Masjid Agung Tuban, Makam Sunan Bonang adalah salah satu tempat wisata religi di Kabupaten Tuban yang sering dikunjungi oleh peziarah dari seluruh Indonesia. Sunan Bonang adalah salah satu dari sembilan wali (wali songo) yang menyebarkan ajaran agama Islam di Pulau Jawa.

Cungkup Makam Sunan Bonang.

3. Museum Kambang Putih
Museum Kambang Putih mempunyai beragam koleksi benda purbakala yang ditemukan di Kabupaten Tuban serta beberapa koleksi benda budaya yang ada di Kabupaten Tuban. Koleksi terbaru Museum Kambang Putih adalah koleksi tentang grup band Koes Plus bersaudara.

Museum Kambang Putih Tuban.

4. Alun-alun Tuban
Alun-alun Tuban biasanya akan ramai pada malam hari, pada malam hari banyak masyarakat sekitar yang datang ke Alun-alun Tuban untuk menikmati malam diarea terbuka di Alun-alun Tuban.

Alun-alun Kota Tuban, suasa siang hari.

5. Pantai Boom
Berada di arah utara dari Alun-alun Tuban, tempat wisata Pantai Boom menawarkan keindahan pesona pantai utara Jawa yang dikemas dalam sebuah tempat wisata dengan jalan setapak yang menjorok -+ 800 meter ke tengah laut.

Pemandangan dari pintu gerbang Pantai Boom Tuban.

6. Pantai Cemara
Pantai Cemara berada dekat dengan terminal baru / terminal wisata Kambang Putih Kabupaten Tuban. Pantai Cemara menyuguhkan eksotisme pantai utara Jawa dengan ratusan Pohon Cemara dipinggir pantai yang meneduhkan.

Pantai Cemara Tuban, berteduh dibawah rindangnya Pohon Cemara.

7. Pantai Kelapa
Berada di Panyuran (sekitar -+ 2 km arah timur dari Alun-alun Tuban), Pantai Kelapa menyuguhkan pemandangan pantai utara Jawa dengan ratusan Pohon Kelapa dipinggir pantainya. Pantai yang satunya penuh dengan  Pohon Cemara, yang ini penuh dengan Pohon Kelapa.

Deretan Pohon Kelapa di Pantai Cemara Tuban.

8. Terminal wisata Kambang Putih
Terminal wisata Kambang Putih di daerah Kecamatan Jenu, didalamnya terdapat area bermain dan kolam renang. Terminal wisata Kambang Putih juga sering disebut oleh masyarakat sekitar dengan sebutan TWT.

Terminal wisata Tuban tampak depan dimalam hari.

9. Klenteng Kwan Sing Bio
Klenteng Kwan Sing Bio berada dekat dengan alun-alun Tuban (arah barat -+ 800 meter). Klenteng yang megah dengan ikon Kepiting raksasa pada pintu gerbangnya ini mengarah tepat ke arah pantai utara Jawa. Klenteng Kwan Sing Bio sangat megah dan menghadirkan suasana Negeri China yang bisa dinikmati di Kabupaten Tuban.

Ikon Kepiting raksasa Klenteng Kwan Sing Bio Tuban.

10. Pemandian alam Bektiharjo
Pemandian alam Bektiharjo menawarkan wisata alam dari sumber mata alami. Pemandian alam Bektiharjo berada -+ 5 km arah tenggara dari pusat Kota Tuban. Pada bulan tertentu, pemandian alam Bektiharjo dijadikan sebagai tempat dilaksanakannya ritual adat masyarakat sekitar.

Kolam wisata pemandian alam Bektiharjo Tuban.


Kesepuluh daftar tempat wisata asyik di Kabupaten Tuban pada daftar diatas hanya sebagian kecil dari tempat wisata di Kabupaten Tuban yang bisa dijadikan tujuan untuk menghabiskan akhir pekan atau liburan bersama keluarga dan orang tercinta (masih ada Goa Akbar, Goa Ngerong, Goa Putri Asih dan banyak lagi lainnya). Selamat hari senin dan selamat beraktivitas.

*Sumber gambar : Google, Blogspot.

4 komentar:

  1. salam kunjungan nih.
    Pertama thanks dah berbagi posting yang menarik dan bermanfaat ini
    Semoga sukses

    BalasHapus
  2. mesjidnya kok berasa kayak disneyland gitu ya, ungkin karena menara-menaranya,

    BalasHapus
  3. widih,,,,,
    keren...keren...
    hayoo budal ke tempat wisata :D

    BalasHapus

Scroll to top