-->

Headline News


Wisata Laut Tuban Yang Elok, Tapi Sayang...

Assalamu'alaikum, selamat malam sobat Blogger Tuban. Semoga aktivitasnya pada malam hari ini diberikan kelancaran. Yang lagi belajar semoga diberi kemudahan untuk menyerap ilmu yang dipelajari, yang lagi ngopi semoga diberi tambahan ilmu juga dari ngobrol ngalor-ngidul yang dilakoni hehe.

***

Kali ini saya mau berbagi tentang sebuah tempat wisata yang sangat elok di Kabupaten Tuban tercinta. Sesuai judul, pasti sobat sudah tahu dong kalo tempat yang akan saya tulis bernama Wisata Laut Tuban.

Wisata Laut Tuban sendiri adalah salah satu tempat wisata yang (seharusnya) menjadi salah satu tujuan wisata unggulan di Kabupaten Tuban. Hal ini dikarenakan keunikan tempat wisata ini yang berada dipinggir pantai serta dibangun dengan sangat megah dan menjorok ke laut. Kemegahannya bisa sobat mulai lihat dan rasakan dari pintu gerbangnya. Sebuah bagunan pintu masuk yang sekilas nampak berlantai dua dengan dua buah pintu geser samping berlogo kuda Ronggolawe.

Tempat wisata laut ini, dikenal juga dengan sebutan TWT, atau Terminal Wisata Tuban. Jadi sobat tak usah bingung kalau ada teman atau keluarga yang ingin berlibur ke TWT. Ajakin saja ke Wisata Laut Tuban! Tempatnya sama, cuma beda sebutan saja!

Sejalan dengan kemegahan bangunan Wisata Laut Tuban, didalamnya terdapat berbagai fasilitas hiburan. Antara lain ada kolam renang, ada taman beserta ayunan dan plorotan, ada pula gedung yang menjadi zona permainan dengan ruangan ber-AC, dan tentu saja mesin-mesin permainan modern didalamnya. Tidak kalah dengan yang ada di GameFantasia deh...

Tetapi, meskipun Wisata Laut Tuban ini dibangun dengan berbagai fasilitas penunjang, serta dibangun dengan sangat megah, tadi siang saat saya berkunjung kesana, kondisi tempat wisata yang satu ini sangat disayangkan: TIDAK TERURUS alias TERBENGKALAI! 

Banyak fasilitas Wisata Laut Tuban yang terlihat kumuh, pepohonan cemara yang menghijau tampak kumuh karena tidak terurus. Fasilitas yang ada di zona permainan, sangat menggiurkan untuk dicoba, tetapi sayang, gedung zona permainan ditutup rapat. Dan dari luar, gedung zona permainan yang ditutup ini malah tampak menyeramkan. Megah, namun tertutup dan sepi.

Beralih ke fasilitas lainnya, ke fasilitas kolam renang. Meskipun berada dikawasan Wisata Laut Tuban, pengunjung diharuskan membayar lagi untuk bisa masuk kedalam fasilitas kolam renang. Saya tadi tidak masuk ke fasilitas ini (soalnya harga tiketnya lebih mahal dibanding harga tiket kawasan), jadi hanya mengetahui kondisi fasilitas kolam renang dari luar saja. 

Dari luar, fasilitas kolam renang yang terlihat adalah plorotan besar berwarna biru, lalu terlihat juga bak penampung air, yang akan tumpah jika airnya sudah terisi penuh, tangga plorotan juga terlihat dari luar fasilitas kolam renang. Khusus untuk tangga plorotan, terlihat kondisinya sangat memprihatinkan, terlihat sudah berkarat dan kropos.

Penutup dari cerita perjalanan saya tadi siang di Wisata Laut Tuban/Terminal Wisata Tuban, sangat disayangkan sekali. Bangunan dan fasilitas megah yang dibangun untuk tempat wisata ini tidak terurus dan terbengkalai. Diperlukan keseriusan dari berbagai pihak terkait untuk 'menyelamatkan' objek wisata yang bisa menjadi penggerak perekonomian masyarakat secara langsung ini. Semoga!

Key Guide Wisata Laut Tuban :
  • Lokasi : Kecamatan Jenu, belakang terminal baru Tuban
  • Biaya masuk portal : Sepeda Motor Rp 1.000,00
  • Tiket masuk kawasan : Dewasa Rp 5.000,00
  • Tiket masuk kolam renang : Dewasa Rp 12.500,00

Gerbang Wisata Laut Tuban
Gerbang Wisata Laut Tuban

Zona Permainan Wisata Laut Tuban
Zona Permainan Wisata Laut Tuban

Pintu Kolam Renang Wisata Laut Tuban
Pintu Kolam Renang Wisata Laut Tuban

Kolam Renang Wisata Laut Tuban
Kolam Renang Wisata Laut Tuban

Tangga Kolam Renang Wisata Laut Tuban
Tangga Kolam Renang Wisata Laut Tuban

Saved under : ,

Mengenal Ongkek dan Legen Tuban

Hola... Selamat sore menjelang matahari tenggelam :) Semoga kebaikan selalu menyertai kita, kemarin, saat ini esok, selamanya...

***

Kali ini Admin akan mengajak sobat untuk mengenal sesuatu yang sangat khas dengan Kabupaten Tuban. Sesuatu itu terbuat dari bahan alami, panjang dan besar. Sesuatu itu pada masa lalu menjadi pioner untuk membawa larutan cair berupa air nira Lontar, sebelum adanya botol plastik maupun jerigen plastik. Sesuatu itu yang biasa dipanggul oleh para petani untuk membawa air nira hasil penderasan pohon lontar untuk dijual kepada para konsumen "dimasa lalu". Sekarang, sesuatu itu sudah menjadi barang yang langka, sangat jarang kita menemuinya. 

Admin sendiri sampai saat ini belum pernah melihat Ongkek secara langsung dipanggul keliling kampung oleh pak tani penderas air nira untuk menjajakan air nira.

Sesuatu itu adalah "Ongkek", sebuah alat/wadah yang biasa dipakai untuk menjual legen (air nira sadapan bunga pohon Ental/Lontar). Nama yang sangat unik ya :) . Ongkek pada masa lalu menjadi wadah untuk menampung legen dan menjual legen keliling kampung.

Sementara itu, legen sendiri merupakan hasil yang diperoleh dari sadapan manggar/bunga pohon Siwalan (Borassus Flabelifer) atau yang dikenal dengan pohon Ental/Lontar. Sebelum masa sekitar tahun 1970 di Kabupaten Tuban masih banyak dijumpai pohon Lontar dipinggir jalan/didalam perkampungan di Tuban dan sekitarnya. Hal demikian menjadikan banyak penjual legen yang masih menjajakan legen dagangannya dengan Ongkek.

Namun pada sekitar tahun 1975 keberadaan Ongkek sudah menjadi barang langka dan hampir punah karena keberadaannya mulai digantikan oleh jerigen. Penjual legen berkeliling menjajakan legen menggunakan Ongkek pada masa sebelum tahun 1970, namun seiring berjalannya waktu lambat laun peralatan Ongkek sudah tidak pernah/jarang dijumpai lagi dan akhirnya menjadi barang langka.

Ongkek bukanlah sesuatu yang hanya mempunyai satu unit saja, Ongkek memiliki beberapa kelengkapan yaitu terdiri dari :
1. Bonjor
2. Centhak
3. Bethek
4. Pikulan/ongkek
5. Pisau deres
6. Kolongan (angkul)
7. Caping
8. Sabuk otog
9. Sandal gebang
10. Kepek
11. Kepis dari lontar

Sangat disayangkan ya, Ongkek yang seharusnya menjadi kekhasan khazanah kuliner Kabupaten Tuban harus tergusur oleh modernisasi dengan digantikan jerigen plastik. Semoga masih ada masyarakat Kabupaten Tuban yang peduli dengan kelestarian Ongkek. Sobat BloggerTuban ada yang tahu alamat pengrajin/pembuat Ongkek di Bumi Wali? Mohon infonya ya...

Berikut foto-foto kelengkapan Ongkek yang Admin dapatkan dari bersemedi, eh, dari berkunjung ke Museum Kambang Putih :

Centhak - Sabuk otog - Caping - Pikulan - Bonjor
Centhak - Sabuk otog - Caping - Pikulan - Bonjor

Kepis Lontar - Bethek
Kepis Lontar - Bethek

Kolongan - Pisau deres - Kepek - Sandal Gebang - Centhak
Kolongan - Pisau deres - Kepek - Sandal Gebang - Centhak


*Credit : Museum Kambang Putih
Saved under : , , , ,

Wisata Air Terjun Banyu Langsih Tuban

Kondisi geografis Kabupaten Tuban yang terletak pada daerah dataran tinggi (perbukitan) membuat kabupaten berjuluk Bumi Wali dan Bumi Ronggolawe ini memiliki banyak air terjun alami. Mungkin yang populer kita ketahui selama ini hanyalah Air Terjun Nglirip yang ada di Kecamatan Singgahan saja. Namun sadarilah, Kabupaten Tuban mempunyai lebih banyak air terjun lagi yang bisa dinikmati untuk berekreasi diakhir pekan. Salah satunya adalah Wisata Air Terjun Banyu Langsih yang ada di Desa Boto, Kecamatan Merakurak.

Di air terjun Banyu Langsih ini, kita akan disuguhi pemandangan alam berupa tumpukan air terjun dengan aliran air disela-sela bebatuan besar. Pertanda bebatuan dataran tinggi. Seingat saya, air terjun Banyu Langsih ini bertumpuk 2 (dua). Pada bagian bawah terdapat 2 air terjun kecil yang terpisah bebatuan, dan 1 air terjun utama pada bagian tumpukan atasnya. 

Meskipun air terjun yang ada di Bayu Langsih tidak setinggi air terjun Nglirip, namun kondisi air terjun yang bertumpuk demikian tentu memberikan suasana berbeda jika dibandingkan dengan kondisi yang ada di Air Terjun Nglirip. 

Untuk menuju ke lokasi Wisata Air Terjun Banyu Langsih ini, ada baiknya berkoordinasi dengan teman kalian yang berdomisili didaerah sekitar air terjun tersebut. Soalnya tempat wisata yang satu ini berada jauh didalam desa yang jauh dari jalan utama. 

Dua buah air terjun dibagian tumpukan bawah : Air Terjun Banyu Langsih.
Dua buah air terjun dibagian tumpukan bawah : Air Terjun Banyu Langsih.

Air terjun utama dibagian tumpukan atas (kurang terlihat) : Air Terjun Banyu Langsih.
Air terjun utama dibagian tumpukan atas (kurang terlihat) : Air Terjun Banyu Langsih.

Pepohonan Siwalan/Lontar dipinggiran air terjun Banyu Langsih.
Pepohonan Siwalan/Lontar dipinggiran air terjun Banyu Langsih. Kita juga
bisa membeli minuman tradisional Legen pada masyarakat sekitar Banyu Langsih.



Indah bukan Wisata Air Terjun Banyu Langsih Tuban ini? Ayo bersama kita kembangkan potensi pariwisata Kabupaten Tuban. Salah satunya dengan cara menuliskan potensi wisata di daerah kalian masing-masing melalui media blog. Salam Blogger Tuban!
Saved under : ,

Tips 'Night Trip' di Kota Tuban

Haloha.... Sudah makan siang kah sobat Blogger Tuban semua? Belum? Wah, cepetan makan siang dulu, biar aktivitasnya makin lancar dan semangat dalam menjalaninya :)

Tips 'Night Trip' di Kota Tuban - Sekedar berbagi tips nih, siapa tahu bagi sobat Blogger Tuban yang punya rencana untuk bepergian ke Kota Kabupaten Tuban pada malam hari, tips ini bisa bermanfaat untuk "Night Trip" yang akan dilalui sobat semuanya.

Suasana malam hari di kompleks Alun-alun Tuban: Foto Kantor Bupati.
Suasana malam hari di kompleks Alun-alun Tuban: Foto Kantor Bupati.
Berkendara dimalam hari (terutama menggunakan sepeda motor), selain harus waspada karena minimnya cahaya bila dibandingkan pada saat berkendara disiang hari, juga harus tahu seluk-beluk daerah yang akan sobat kunjungi. Hal ini supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara. Nah berikut ini tips berkendara dimalam hari "Night Trip" di Kota Tuban :

  1. Persiapkan kendaraan kalian : Jangan sampai perjalanan "Night Trip" menjadi kacau karena kendaraan mengalami kerusakan. Kalau kehabisan bahan bakar, ban sepeda bocor, mau mencari penjual bensin/SPBU dan bengkel dimana wong malam hari? 
  2. Persiapkan kelengkapan kendaraan bermotor : STNK dan SIM + KTP. Untuk menghindari razia dari aparat berwenang, persiapkan kelengkapan identitas dan kelengkapan kendaraan bermotor yang akan kalian gunakan. Lebih nyaman dan tenang kalau mematuhi aturan!
  3. Jangan lupa pakai peralatan keselamatan berlalu lintas : Pakai helm itu lebih keren lho! So, jangan melakukan perjalanan dimalam hari menuju Kota Tuban kalau tidak memakai peralatan keselamatan berlalu lintas seperti helm dan jaket.
  4. Patuhi aturan lalu lintas, ini kota bro! 

Kota Tuban dimalam hari itu :

  1. Terkonsentrasi dibeberapa pusat keramaian : Pusat kegiatan masyarakat Kota Tuban pada malam hari adalah disekitar :

    • Kompleks Gedung Olahraga Rangga Jaya Anoraga (Jl. Sunan Kalijaga), disini kalian bisa belanja kuliner. Mulai dari minuman sampai makanan tersedia disepanjang trotoar jalan ini. Kalian juga bisa bermain atau berjalan-jalan diarena olahraga yang selesai dibangun beberapa waktu yang lalu.  
    • Jl. Basuki Rahmat. Di jalan yang membelah tengah kota ini kalian akan dapati keramaian orang-orang yang hilir-mudik dimalam hari. Jalan Basuki Rahmat atau yang sering disebut Basra adalah pusat jual-beli di Kota Tuban. Pusat perbelanjaan juga ada dan terletak di Basra, yaitu Bravo. Jalan Basuki Rahmat berada setelah Jalan Sunan Kalijaga (dari arah barat).
    • Alun-alun Tuban, selain ramai dengan para peziarah Makam Sunan Bonang, pada malam hari di Alun-alun Tuban banyak pedagang makanan ringan yang berjualan disepanjang jalan didepan kantor bupati. Kegiatan lain yang biasa terkonsentrasi disini pada malam hari adalah kegiatan bersepatu roda dan kegiatan free style kendaraan bermotor roda dua (pada larut malam).
    • Pinggir pantai Tuban (Jl. R.E Martadinata), setiap malam hari, lokasi pinggir pantai (dekat dengan Klenteng Kwan Sing Bio) ini selalu ramai dengan para penjaja minuman dan makanan ringan. Anak-anak muda Kota Tuban biasanya menghabiskan malam secara bergerombol disepanjang pinggir pantai yang berada di jalur Pantura ini dengan menikmati segelas minuman hangat.

    Suasana malam hari di Jl. Sunan Kalijaga/Kompleks Gor Rangga Jaya Anoraga
    Suasana malam hari di Jl. Sunan Kalijaga/Kompleks Gor Rangga Jaya Anoraga


  2. Pencahayaan minim dan jalanan berlubang : Pada beberapa titik ruas jalan, lampu lalu lintas tidak berfungsi alias padam. Kondisi demikian tentu membuat jalanan menjadi gelap dan patut diwaspadai. Apalagi juga ditemui jalanan berlubang (di Jalan Letda Sucipto, Jalan R.E Martadinata, Sekitar alun-alun, Jalan Gedong Ombo). So, berhati-hatilah :)
  3. Diatas jam 9, lampu lalu lintas dimatikan : Ini yang asyik, kalau kita jalan-jalan ke Kota Tuban pada malam hari, diatas jam 9 malam maka lampu lalu lintas yang berada dikawasan kota akan dimatikan oleh pihak kepolisian. Hal ini tentu saja mengurangi hambatan kita dalam berkendara, karena tidak harus berhenti karena lampu lalu lintas menyala Merah.
Siap untuk berpetualang "Night Trip" di Kota Tuban?


Catatan : Kota Tuban adalah kawasan pemerintahan kabupaten.
Saved under : , ,

Bulan Baru, Semangat Baru: Welcome September

Selamat pagi sobat Blogger Tuban, bagaimana kondisinya? Semoga senantiasa sehat dan bisa menjalankan aktivitasnya dengan lancar ya :) . Selamat beraktivitas di hari Senin (pagi) yang pasti bakal padat dengan kegiatan ini ya...

Kemarin, pergantian Bulan Agustus ke Bulan September ada yang merayakan nggak? Biasanya sih tidak ada yang merayakan pergantian bulan. Semuanya dibiarkan berlalu begitu saja, mau bulan berganti bulan berikutnya beberapa kalipun tidak akan dirayakan. Kecuali kalau sudah berganti bulan sebanyak 12 kali, pasti dirayakan karena bertepatan dengan momen perayaan tahun baru.

Memang, pergantian bulan tidak harus kita rayakan seperti perayaan pergantian tahun. Tetapi pergantian Bulan Agustus menjadi Bulan September pada hari Minggu yang bertepatan hari libur nasional tersebut alangkah baiknya untuk kita jadikan sebagai awal baru untuk menggapai cita-cita dan asa yang belum kita capai pada bulan sebelumnya.

Bulan baru: September yang harus menjadi pelecut semangat kita untuk terus berkarya pada berbagai bidang yang kita suka dan kuasai.

Contoh saja, sebagai seorang blogger, dengan datangnya Bulan September ini mungkin kita akan lebih rajin menulis diblog lagi? Mencoba untuk menulis artikel minimal 1 buah artikel setiap hari selama Bulan September mungkin menjadi sebuah hal yang patut dicoba. Pasti excited dan menantang. Ketika setiap hari kita harus berusaha menulis mengenai apapun pada media blog yang kita punya, pemikiran-pemikiran kita pasti akan selalu baru dan penuh dengan ide-inovasi untuk menghasilkan tulisan yang lebih dan lebih bermutu.

So, pada Bulan September 2013 ini, sudah siapkah kalian dengan semangat baru agar menghasilkan "buah" yang lebih manis dari yang sudah kalian tuai pada Bulan Agustus yang lalu? Semangat sobat!

Semangat baru Blogger Tuban di bulan September
Semangat baru: Bulan September
Saved under : , ,

Jangan Lupa Tanggal 29 Agustus 2013 Nyoblos !

Ada apa ditanggal 29 Agustus 2013 nanti bagi warga Tuban khususnya dan bagi warga Jawa Timur pada umumnya?

Ahhh, masa pada tidak tahu event yang akan dihelat pada tanggal 29 nanti bro? Okelah, jangan ada dusta diantara kita. Jangan ada yang ditutup-tutupi diantara kita. Begini, tanggal 29 Agustus 2013 nanti, kita sebagai warga Jawa Timur yang sudah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau sudah/pernah kawin dan sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap Pilgub Jatim 2013 mempunyai hak memilih calon gubernur pilihan kita untuk masa bhakti 2013-2018.

Berikut daftar pasangan cagub-cawagub yang konco Blogger Tuban bisa pilih pada tangggal 29 Agustus 2013 :

Pilgub Jatim 2013 - Daftar Pasangan Cagub-cawagub Jatim
Pilgub Jatim 2013 - Daftar Pasangan Cagub-cawagub Jatim

Nomor urut 1 Soekarwo-Saifullah Yusuf
Nomor urut 1 Soekarwo-Saifullah Yusuf

Nomor urut 2 Eggi Sudjana-Muhammad Sihat
Nomor urut 2 Eggi Sudjana-Muhammad Sihat

Nomor urut 3 Bambang DH-Said Abdullah
Nomor urut 3 Bambang DH-Said Abdullah

Nomor urut 4 Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja
Nomor urut 4 Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja

Diatas tadi keempat pasangan cagub dan cawagub Jatim 2013. Dari keempat pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jatim 2013, konco Blogger Tuban yang sudah memiliki hak pilih pergunakanlah hak pilih dengan cerdas untuk memilih pasangan cagub-cawagub yang sesuai menjadi pimpinan Propinsi Jawa Timur 5 tahun mendatang. 

Jadilah blogger yang menjadi contoh yang baik bagi masyarakat Tuban dan sekitarnya dalam pelaksanaan COBLOSAN CAGUB-CAWAGUB JATIM 2013 tanggal 29 Agustus 2013.


*Dari berbagai sumber.
Saved under : , ,

Nekad Traveler : Buktikan Kenekatan Kamu Bersama Telkomsel

Berandai-andai yuk, seumpama kita diberikan satu kesempatan saja untuk berbuat hal ternekat dalam hidup, hal ternekat apa yang terlintas dalam benak yang ingin kita lakukan? Jawabannya pasti beragam. Kalau aku sendiri sih, hal ternekat yang ingin aku lakukan adalah keluar dari rutinitas sebagai seorang mahasiswa, berkeliling Indonesia dan dunia dengan modal uang yang selama ini tersimpan ditabunganku (enggak seberapa sih jumlahnya, namanya juga nekat). Itu hal ternekat yang ingin aku lakukan.

Keinginanku untuk keliling Indonesia dan dunia dengan uang yang ada ditabunganku (yang tidak seberapa itu) untuk saat ini sepertinya bakal susah untuk terwujudkan, soalnya kewajiban sebagai seorang mahasiswa tetep harus diutamakan. Belajar is number One biar cepet lulus kuliah (taglinenya gitu sih, padahal jarang belajar ).

Sebelum keinginanku tersebut terwujud, aku pernah melakukan hal yang menurutku paling nekat. Pokoknya anti mainstream banget. Waktu itu aku ke sebuah mall didaerah Surabaya dengan mengenakan sarung! Perjalanan ke mall (sekitar 3 km) ku tempuh dengan jalan kaki! Pernah lihat orang ke mall pake sarung? Jarang, dan itu aku lakuin. Nekat beneran, yah meskipun bukan Cuma aku saja sih, melainkan bareng beberapa temen (sekitar 8 orang bersarung). Alhasil, kami jadi pusat perhatian, baik itu pas perjalanan pulang-pergi maupun pas sudah didalam mall. Setelah kenekatan make sarung ke mall itu, mantep dalam hati enggak bakal mengulanginya lagi. Cukup sekali saja nekatnya!

Itu cerita nekatku, mana cerita nekatmu? Ceritain dong…! Gak mau cerita? *ceritanya sombong, gak mau cerita* Beneran nih gak mau cerita? *masih gak mau cerita*. Beneran gak mau cerita? *masih tetep gak mau cerita*. Yaudah deh *akunya ngambek*, kalo gak mau cerita, yaudah deh biar hadiah iPhone5, Galaxy S4 dan Galaxy Camera jadi milikku aja deh. Masih gak mau cerita nih? Mau cerita perjalanan nekatmu? Mau? Ciyus? Beneran? *digeplak sandal*  Baca baik-baik nih :

Nekad Traveler adalah kisah perjalanan dua traveler NEKAD dari Kota Jakarta menuju Pulau Komodo NTT. Rute yang mereka tempuh sebagai traveler nekat adalah dari kota Jakarta menuju Pulau Komodo dalam waktu 30 hari (tanggal 30 Juni 2013 sampai 30 Juli 2013), dengan hanya bermodal smartphone dilengkapi kuota data dari Telkomsel Flash sebesar 180 GB (uang, kartu kredit, serta debit ATM tidak diperbolehkan dibawa traveler selama perjalanan).

Nekad Traveler ini punya tujuan membuktikan jaringan 3G Telkomsel lebih cepat dan lebih  nyaman digunakan dimanapun dan kapanpun hingga ke pelosok Tanah Air. Nekad Traveler juga bertujuan menanamkan nilai luhur bahwa hubungan sosial, lewat internet maupun lewat interaksi langsung lebih penting dibandingkan dengan materi (uang). Dan Telkomsel Flash menjembatani interaksi sosial melalui jaringan internet lewat jaringan 3G yang lebih cepat. Hubungan sosial antar  manusia yang dijalin dengan baik akan langgeng sampai kapanpun dan dimanapun berada.

Itu tadi sedikit info mengenai Nekad Traveler, sekarang yang mau ikut bercerita seputar hal ternekat yang pernah kamu lakuin pada saat traveling silahkan penuhi persyaratan dibawah ini. Ada hadiah iPhone5, Galaxy S4 dan Galaxy Camera lho…

Persyaratan Kompetisi Blog Telkomflash – Nekad Traveler :
1. Buat cerita bertema: Hal ternekat yang pernah dilakukan pada saat traveling
2. Sertakan link telkomsel.com/nekadtraveler dan video tsel.me/TVCNekadTraveler di dalam cerita nekatmu.
3. Submit link cerita blog kamu ke tsel.me/NekadBlog.
4. Share link ceritamu ke twitter serta facebook dan mention @telkomselflash dengan hashtag #NekadTraveler.
5. Cerita yang ditulis tidak boleh mengandung unsur pornografi, kekerasan atau SARA.
6. Periode blog Competition mulai 1 Agustus - 31 Agustus 2013
7. Bakal ada 3 pemenang, dengan hadiah iPhone5, Samsung S4 dan Galaxy Camera 
8. Info lengkap persyaratan dan ketentuan dapat dilihat pada link  http://internet.telkomsel.com/nekadtraveler/terms/blog

Ayo konco Blogger Tuban semua, ayo podo ikutan lomba bercerita ini dan semoga bisa dapetin hadiahnya. Terakhir, selamat bercerita dan berkompetisi blog dah, salam nekaDDD!!! :D

Ikutan Kompetisi Blog Nekad Traveler
Scroll to top