-->

Headline News


Haul Syekh Abdul Jabbar (Mbah Jabbar) Jojogan

Haul Syekh Abdul Jabbar (penulis lebih sering menyebut dengan nama Mbah Jabbar) diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 17 Muharram dalam penanggalan hijriah. Namun jika bertepatan dengan hari Jum’at, pelaksanaan haul diundur pada hari berikutnya (Sabtu tanggal 18 Muharram). 

Menurut situs jawatimuran.wordpress.com, peringatan Haul Mbah Jabbar pertama kali diadakan pada tahun 1964 atas inisiatif Mbah Sholeh (Ngerong, Rengel), Mbah Zaini (Mruwut, Bojonegoro), dan Mbah Munthoha (Padangan, Bojonegoro). 

Pada acara peringatan Haul Mbah Jabbar, banyak peziarah yang mengunjungi makam Mbah Jabbar ini. Mereka biasanya datang berkelompok, menggunakan kendaraan bak terbuka: truk, colt, dan sejenisnya. Kondisi demikian selalu membuat macet akses jalan, satu-satunya akses penghubung utama Kecamatan Singgahan dengan Kecamatan Montong yang berada dibawah bukit yang menjadi makam Mbah Jabbar. 

Bukit tempat dimakamkannya Mbah Jabbar.
Bukit tempat dimakamkannya Mbah Jabbar.

Para peziarah datang untuk mendo'akan Almarhum Mbah Jabbar. Mereka membaca Tahlil dan Surat Yaasin secara bersama-sama didekat pusara Mbah Jabbar. Setiap satu kelompok peziarah selesai membaca Tahlil dan Surat Yaasin, akan ada kelompok peziarah lain yang menyambung. Begitu seterusnya sehingga pada saat haul suasana menjadi sangat ramai dan penuh sesak.

Akses pintu utama makam Mbah Jabbar.
Akses pintu utama makam Mbah Jabbar (sumber: pesonawisatatuban019).

Suasanya ramai tidak hanya terjadi didekat pusara, dipinggir jalanan (dibawah bukit tempat dimakamkannya Mbah Jabbar), berjejer para pedagang khas acara haul seperti ini. Ada penjual jenang dodol, penjual salak dan buah-buahan sejenisnya, penjual aksesoris dan masih banyak lagi. 

Biasanya, para kaum muda lebih banyak yang tertarik kepada dagangan yang dijajakan ini daripada berdo'a atau membacakan Tahlil dan Surat Yaasin untuk Syekh Abdul Jabbar. Penulis termasuk salah satu dari mereka. Hehe.

Pedagang musiman dari arah Montong, belum mulai ramai.
Pedagang musiman dari arah Montong, belum mulai ramai.

Pedagang musiman dari arah Jojogan, sudah mulai ramai.
Pedagang musiman dari arah Jojogan, sudah mulai ramai.

Penjual Legen dan Siwalan. Minuman dan makanan khas Tuban.
Penjual Legen dan Siwalan. Minuman dan makanan khas Tuban.

Pada tahun ini, tanggal 17 Muharram bertepatan dengan tanggal 21 November, atau tepat hari ini. 

Yuk, yang berdomisili dikawasan Singgahan dan sekitarnya, merapat untuk turut dalam Haul Syekh Abdul Jabbar (Mbah Jabbar) Jojogan. Agar kita menjadi lebih ingat bahwa kematian sangatlah dekat dengan kita, dan menjadikan kita semakin memperbanyak beribadah serta semakin mendekatkan diri kepada-Nya.
Saved under : , , ,

Penutupan Festival Kesenian Pesisir Utara 2013 - Tuban

Jadwal Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2013
Jadwal Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2013

Penutupan Festival Kesenian Pesisir Utara 2013 - Kabupaten Tuban, Jawa Timur - Kemeriahan perayaan hari jadi Kabupaten Tuban yang ke 720 pada tahun ini memang berbeda dengan kemeriahan perayaan hari jadi sebelumnya. Karena pada tahun ini, event besar berskala propinsi dan berskala nasional digelar di Tuban Bumi Wali ini.

Kedua event tersebut pernah saya publikasikan di bloggertuban.com dengan judul Kirab Budaya Jawa Timur 2013 di Tuban dan Jadwal Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2013 di Tuban

Kali ini, kita akan mengulik tentang FKPU yang berakhir pada tanggal 09 November 2013 silam. Yang mana, saya berkesempatan untuk menyaksikan penutupan acara tersebut pada pukul 22.30 malam.  Meskipun sebenarnya tidak terlalu ingin menyaksikan FKPU, namun karena berfikir toh malam itu malam terakhir diadakannya festival, tidak ada salahnya saya pergi ke alun-alun untuk menonton pertunjukan.

Berangkat ke alun-alun, saya sengaja melewati depan GOR Rangga Jaya Anoraga, disana terjadi kemacetan luar biasa. Maklum, pada waktu berangkat ke alun-alun, jam masih menunjukkan pukul 20.00 malam. Dan, di GOR memang sedang diadakan acara pameran dagang produk unggulan Kabupaten Tuban yang disertai dengan pertunjukan live musik dangdut. 

Kemacetan sangat parah pun tidak bisa dihindari, karena banyak kendaraan bermotor yang diparkir dipinggir jalan, membuat jalanan di Jl. Kalijaga itu menyempit. Belum lagi, pihak kepolisian yang setahu saya tak ada satupun yang berusaha mengurai kemacetan ini (mungkin lebih fokus ke penjagaan live musik dangdut yang sedang terjadi tawuran antar penonton).

Terlepas dari kemacetan GOR, meskipun lelah namun saya tetap bisa menikmati (karena beberapa kali bisa mencuri pandang ke kerumunan penonton pertunjukan musik dangdut yang terlibat tawuran) perjalanan. Hingga akhirnya, sampai di alun-alun Tuban. Masuk lewat pintu utara dan memarkir motor dibawah pohon beringin kembar yang sangat besar di utara alun-alun.

Di alun-alun, bukan hanya acara penutupan Festival Kesenian Pesisir Utara 2013 yang menarik perhatian saya, disana juga banyak pedagang: camilan, makanan, pakaian hingga berbagai perlengkapan rumah tangga. Sebelum menonton festival, saya menghilangkan rasa penasaran terhadap barang dagangan mereka dengan mengunjungi stand-stand sederhana yang mereka dirikan.

Acara utama: 

Setelah puas berkeliling, inilah acara utama yang saya tuju pada saat berangkat tadi. Menyaksikan jalannya acara penutupan  Festival Kesenian Pesisir Utara 2013 di Kabupaten Tuban. Waktu itu, saya masih bisa menyaksikan suguhan kesenian tari-tarian yang dibawakan oleh kontingen dari Kabupaten Tuban sendiri sebagai tuan rumah sebelum festival ini ditutup oleh pihak panitia.

Mereka membawakan kesenian yang luar biasa. Tari-tarian yang mereka bawakan sarat dengan makna dan pelajaran hidup. Mereka menari mengikuti irama, sekaligus meng-edukasi masyarakat. 

Dan berikut ini, salah satu kesenian: Tongklek Ilir-ilir yang dibawah oleh kontingen Kabupaten Tuban dari Kecamatan Kerek. Selamat menikmati video yang saya rekam menggunakan handphone ini. Sampai bertemu di Festival Kesenian Pesisir Utara tahun depan, dikota lainnya.

Saved under : , ,

Kirab Budaya Jawa Timur 2013 di Tuban

Kirab Budaya Jawa Timur 2013 di Tuban - Siang tadi, Kabupaten Tuban yang sebentar lagi merayakan ulang tahun ke 720 pada tanggal 12 November 2013 nanti, menjadi tuan rumah kegiatan pagelaran tingkat propinsi. Kirab Budaya Jawa Timur 2013, itulah nama pagelaran akbar ini. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Kesenian Pesisir Utara yang jadwal acaranya pernah saya tulis pada arikel Jadwal Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2013 di Tuban.

Acara kirab budaya mengambil start dari alun-alun Kota Tuban, melewati Jl. Kartini - Jl. Veteran - Jl. Basuki Rahmat - Jl. Sunan Kalijogo dan berakhir di GOR Rangga Jaya Anoraga. Sepanjang jalan yang dilalui kirab budaya, penuh sesak oleh masyarakat yang antusias menyaksikan acara kirab yang diisi oleh berbagai kreatifitas busana yang dibawakan oleh perwakilan kabupaten se Jawa Timur.

Beberapa ruas jalan yang terhubung dengan jalan yang dilalui kirab, ditutup oleh aparat kepolisian. Dan arus lalu lintas Pantai Utara dari arah Surabaya menuju Semarang dialihkan melewati Jl. Letda Sucipto setelah perempatan patung.
Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, saya tadi juga melihat acara tingkat propinsi di yang diadakan di Kabupaten Tuban ini. Setelah selesai dengan kegiatan ngampus, saya tadi turut menyaksikan acara kirab budaya. Saya beserta tiga teman saya menyaksikan didepan sekolah dasar dekat pertigaan sambong.

Menurut saya, kegiatan Kirab Budaya Jawa Timur 2013 seperti ini adalah acara yang sangat luar biasa dan harus rutin diadakan. Selain untuk menghibur masyarakat, acara seperti ini akan memacu para seniman untuk terus berkreasi dan memamerkan kreasi terbaik mereka kedepan khalayak ramai. Sehingga secara otomatis masyarakat akan teredukasi untuk menghargai karya seni.

Oiya, Saya tadi sempat mengabadikan beberapa momen kirab budaya ini dengan kamera ponsel. Saya niatkan untuk menjadi foto pendukung dalam menulis artikel Kirab Budaya Jawa Timur 2013 di Tuban ini. 

Kirab Budaya Jawa Timur : Trenggalek
Kirab Budaya Jawa Timur : Trenggalek

Kirab Budaya Jawa Timur : Lamongan
Kirab Budaya Jawa Timur : Lamongan

Kirab Budaya Jawa Timur : Banyuwangi
Kirab Budaya Jawa Timur : Banyuwangi

Kirab Budaya Jawa Timur : Magetan
Kirab Budaya Jawa Timur : Magetan

Kirab Budaya Jawa Timur : Ngawi
Kirab Budaya Jawa Timur : Ngawi

Kirab Budaya Jawa Timur : Pamekasan
Kirab Budaya Jawa Timur : Pamekasan
Saved under : , , ,

Jadwal Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2013 di Tuban

Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU), merupakan sebuah acara pertunjukan kesenian dari berbagai daerah (terutama daerah-daerah pinggiran pantai utara Jawa). Festival ini akan diadakan di Kabupaten Tuban pada bulan Nopember 2013 ini dan akan digelar pada beberapa venue yang sering digunakan untuk kegiatan besar di Kabupaten Tuban.

Di Alun-alun kota, GOR Rangga Jaya Anoraga dan Jl. Basuki Rahmat adalah beberapa venue yang akan menjadi tempat diadakannya acara Festival Kesenian Pesisir Utara 2013. Beberapa kota yang berada di pinggiran pantai utara Jawa direncanakan akan turut memeriahkan jalannya festival.

Menurut saya, diadakannya Festival Kesenian Pesisir Utara 2013 di Kabupaten Tuban pada bulan Nopember ini sangatlah bagus. Karena pada bulan ini, Kabupaten Tuban akan merayakan hari jadi yang ke 720 tahun tepat pada tanggal 12 Nopember 2013 nanti. Jadi, acara perayaan hari jadi Kabupaten Tuban akan menjadi lebih semarak pada tahun ini :)

Berikut ini Jadwal Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2013 di Tuban yang beberapa waktu lalu sempat saya abadikan:  

Jadwal Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2013 di Tuban
Jadwal Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2013 di Tuban

Jadwal Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2013 di Tuban
Jadwal Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2013 di Tuban

Jadwal Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2013 di Tuban resolusi tinggi :
[Klik - Jadwal 1]
[Klik - Jadwal 2]
Saved under : , ,

Nekad Traveler : Buktikan Kenekatan Kamu Bersama Telkomsel

Berandai-andai yuk, seumpama kita diberikan satu kesempatan saja untuk berbuat hal ternekat dalam hidup, hal ternekat apa yang terlintas dalam benak yang ingin kita lakukan? Jawabannya pasti beragam. Kalau aku sendiri sih, hal ternekat yang ingin aku lakukan adalah keluar dari rutinitas sebagai seorang mahasiswa, berkeliling Indonesia dan dunia dengan modal uang yang selama ini tersimpan ditabunganku (enggak seberapa sih jumlahnya, namanya juga nekat). Itu hal ternekat yang ingin aku lakukan.

Keinginanku untuk keliling Indonesia dan dunia dengan uang yang ada ditabunganku (yang tidak seberapa itu) untuk saat ini sepertinya bakal susah untuk terwujudkan, soalnya kewajiban sebagai seorang mahasiswa tetep harus diutamakan. Belajar is number One biar cepet lulus kuliah (taglinenya gitu sih, padahal jarang belajar ).

Sebelum keinginanku tersebut terwujud, aku pernah melakukan hal yang menurutku paling nekat. Pokoknya anti mainstream banget. Waktu itu aku ke sebuah mall didaerah Surabaya dengan mengenakan sarung! Perjalanan ke mall (sekitar 3 km) ku tempuh dengan jalan kaki! Pernah lihat orang ke mall pake sarung? Jarang, dan itu aku lakuin. Nekat beneran, yah meskipun bukan Cuma aku saja sih, melainkan bareng beberapa temen (sekitar 8 orang bersarung). Alhasil, kami jadi pusat perhatian, baik itu pas perjalanan pulang-pergi maupun pas sudah didalam mall. Setelah kenekatan make sarung ke mall itu, mantep dalam hati enggak bakal mengulanginya lagi. Cukup sekali saja nekatnya!

Itu cerita nekatku, mana cerita nekatmu? Ceritain dong…! Gak mau cerita? *ceritanya sombong, gak mau cerita* Beneran nih gak mau cerita? *masih gak mau cerita*. Beneran gak mau cerita? *masih tetep gak mau cerita*. Yaudah deh *akunya ngambek*, kalo gak mau cerita, yaudah deh biar hadiah iPhone5, Galaxy S4 dan Galaxy Camera jadi milikku aja deh. Masih gak mau cerita nih? Mau cerita perjalanan nekatmu? Mau? Ciyus? Beneran? *digeplak sandal*  Baca baik-baik nih :

Nekad Traveler adalah kisah perjalanan dua traveler NEKAD dari Kota Jakarta menuju Pulau Komodo NTT. Rute yang mereka tempuh sebagai traveler nekat adalah dari kota Jakarta menuju Pulau Komodo dalam waktu 30 hari (tanggal 30 Juni 2013 sampai 30 Juli 2013), dengan hanya bermodal smartphone dilengkapi kuota data dari Telkomsel Flash sebesar 180 GB (uang, kartu kredit, serta debit ATM tidak diperbolehkan dibawa traveler selama perjalanan).

Nekad Traveler ini punya tujuan membuktikan jaringan 3G Telkomsel lebih cepat dan lebih  nyaman digunakan dimanapun dan kapanpun hingga ke pelosok Tanah Air. Nekad Traveler juga bertujuan menanamkan nilai luhur bahwa hubungan sosial, lewat internet maupun lewat interaksi langsung lebih penting dibandingkan dengan materi (uang). Dan Telkomsel Flash menjembatani interaksi sosial melalui jaringan internet lewat jaringan 3G yang lebih cepat. Hubungan sosial antar  manusia yang dijalin dengan baik akan langgeng sampai kapanpun dan dimanapun berada.

Itu tadi sedikit info mengenai Nekad Traveler, sekarang yang mau ikut bercerita seputar hal ternekat yang pernah kamu lakuin pada saat traveling silahkan penuhi persyaratan dibawah ini. Ada hadiah iPhone5, Galaxy S4 dan Galaxy Camera lho…

Persyaratan Kompetisi Blog Telkomflash – Nekad Traveler :
1. Buat cerita bertema: Hal ternekat yang pernah dilakukan pada saat traveling
2. Sertakan link telkomsel.com/nekadtraveler dan video tsel.me/TVCNekadTraveler di dalam cerita nekatmu.
3. Submit link cerita blog kamu ke tsel.me/NekadBlog.
4. Share link ceritamu ke twitter serta facebook dan mention @telkomselflash dengan hashtag #NekadTraveler.
5. Cerita yang ditulis tidak boleh mengandung unsur pornografi, kekerasan atau SARA.
6. Periode blog Competition mulai 1 Agustus - 31 Agustus 2013
7. Bakal ada 3 pemenang, dengan hadiah iPhone5, Samsung S4 dan Galaxy Camera 
8. Info lengkap persyaratan dan ketentuan dapat dilihat pada link  http://internet.telkomsel.com/nekadtraveler/terms/blog

Ayo konco Blogger Tuban semua, ayo podo ikutan lomba bercerita ini dan semoga bisa dapetin hadiahnya. Terakhir, selamat bercerita dan berkompetisi blog dah, salam nekaDDD!!! :D

Ikutan Kompetisi Blog Nekad Traveler

Selamat Datang Para Blogger Tuban




Selamat datang dan silahkan menikmati Kota Tuban

Ayo podo kumpul para blogger Tuban. Satukan tekat dan niat untuk masyarakat tuban.

Tanggal 30 Oktober 2011, Komunitas Blogger Tuban diresmikan oleh Bapak Gempurmedia pada acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara. Komunitas Blogger Tuban yang merupakan sebuah wadah perkumpulan semua blogger yang ada di bumi Ronggolawe Kabupaten Tuban, merupakan wadah yang diharapkan dengan keberadaan Komunitas Blogger Tuban ini lebih bisa menggeliatkan dunia per-blogging-an di Kabupaten Tuban serta mempererat tali silaturahmi diantara para blogger anggota Komunitas Blogger Tuban. 

Dari awalnya yang hanya kenal didunia maya, melalui Komunitas Blogger Tuban diharapkan bisa kenal didunia nyata dengan kegiatan kopdar komunitas yang Insyaallah akan (rutin) dilaksanakan.

Sempat vakum dan jarang terdengar berita mengenai Komunitas Blogger Tuban pada akhir tahun 2012 sampai awal tahun 2013, Komunitas Blogger Tuban kini hadir dengan sebuah website resmi yang akan selalu di update berita perkembangan mengenai beragam hal berkaitan Kabupaten Tuban terutama mengenai dunia blogging. Komunitas Blogger Tuban, Wisata Tuban, Budaya Tuban, Kuliner Tuban, Sejarah Tuban, Batik Tuban, semuanya akan diupdate pada website resmi Komunitas Blogger Tuban www.bloggertuban.com.

Saved under : , , ,

Komunitas Blogger Tuban


Setelah sekian lama situs ini mati suri semoga dengan adanya laman ini menjadi eksis lagi baik online maupun offline. Blogger Tuban sudah kembali punya wadah kembali.. Halaman ini diperuntukan sebagai ajang aktifitas menulis bersama bagi para blogger tuban yang berminat. bagi yang berminat untuk menulis keroyokan, langkah pertama adalah menghubungi administrator bloggertuban.com untuk diinvite. Platform hosting bloggertuban.com masih menggunakan hosting yang disediakan google di blogger.com. kami  menyampaikan terima kasih kepada salah satu pendiri blogger tuban ahmad faza yang telah menyumbangkan dananya untuk bisa membeli kembali domain sehingga blogger tuban bisa beraktifitas kembali di situs semula yang mati suri.

Salam Blogger

ttd
Komunitas Blogger Tuban
Scroll to top