-->

Headline News


Penutupan Festival Kesenian Pesisir Utara 2013 - Tuban

Jadwal Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2013
Jadwal Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2013

Penutupan Festival Kesenian Pesisir Utara 2013 - Kabupaten Tuban, Jawa Timur - Kemeriahan perayaan hari jadi Kabupaten Tuban yang ke 720 pada tahun ini memang berbeda dengan kemeriahan perayaan hari jadi sebelumnya. Karena pada tahun ini, event besar berskala propinsi dan berskala nasional digelar di Tuban Bumi Wali ini.

Kedua event tersebut pernah saya publikasikan di bloggertuban.com dengan judul Kirab Budaya Jawa Timur 2013 di Tuban dan Jadwal Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2013 di Tuban

Kali ini, kita akan mengulik tentang FKPU yang berakhir pada tanggal 09 November 2013 silam. Yang mana, saya berkesempatan untuk menyaksikan penutupan acara tersebut pada pukul 22.30 malam.  Meskipun sebenarnya tidak terlalu ingin menyaksikan FKPU, namun karena berfikir toh malam itu malam terakhir diadakannya festival, tidak ada salahnya saya pergi ke alun-alun untuk menonton pertunjukan.

Berangkat ke alun-alun, saya sengaja melewati depan GOR Rangga Jaya Anoraga, disana terjadi kemacetan luar biasa. Maklum, pada waktu berangkat ke alun-alun, jam masih menunjukkan pukul 20.00 malam. Dan, di GOR memang sedang diadakan acara pameran dagang produk unggulan Kabupaten Tuban yang disertai dengan pertunjukan live musik dangdut. 

Kemacetan sangat parah pun tidak bisa dihindari, karena banyak kendaraan bermotor yang diparkir dipinggir jalan, membuat jalanan di Jl. Kalijaga itu menyempit. Belum lagi, pihak kepolisian yang setahu saya tak ada satupun yang berusaha mengurai kemacetan ini (mungkin lebih fokus ke penjagaan live musik dangdut yang sedang terjadi tawuran antar penonton).

Terlepas dari kemacetan GOR, meskipun lelah namun saya tetap bisa menikmati (karena beberapa kali bisa mencuri pandang ke kerumunan penonton pertunjukan musik dangdut yang terlibat tawuran) perjalanan. Hingga akhirnya, sampai di alun-alun Tuban. Masuk lewat pintu utara dan memarkir motor dibawah pohon beringin kembar yang sangat besar di utara alun-alun.

Di alun-alun, bukan hanya acara penutupan Festival Kesenian Pesisir Utara 2013 yang menarik perhatian saya, disana juga banyak pedagang: camilan, makanan, pakaian hingga berbagai perlengkapan rumah tangga. Sebelum menonton festival, saya menghilangkan rasa penasaran terhadap barang dagangan mereka dengan mengunjungi stand-stand sederhana yang mereka dirikan.

Acara utama: 

Setelah puas berkeliling, inilah acara utama yang saya tuju pada saat berangkat tadi. Menyaksikan jalannya acara penutupan  Festival Kesenian Pesisir Utara 2013 di Kabupaten Tuban. Waktu itu, saya masih bisa menyaksikan suguhan kesenian tari-tarian yang dibawakan oleh kontingen dari Kabupaten Tuban sendiri sebagai tuan rumah sebelum festival ini ditutup oleh pihak panitia.

Mereka membawakan kesenian yang luar biasa. Tari-tarian yang mereka bawakan sarat dengan makna dan pelajaran hidup. Mereka menari mengikuti irama, sekaligus meng-edukasi masyarakat. 

Dan berikut ini, salah satu kesenian: Tongklek Ilir-ilir yang dibawah oleh kontingen Kabupaten Tuban dari Kecamatan Kerek. Selamat menikmati video yang saya rekam menggunakan handphone ini. Sampai bertemu di Festival Kesenian Pesisir Utara tahun depan, dikota lainnya.

1 komentar:

  1. mentap dah komunitasnya.. saya pengen ikut komunitas ini tapi kepada siapa harus tanya//// jgan lupa berkunjung ke http://blog.bakron.web.id

    BalasHapus

Scroll to top