-->

Headline News


Tips Menulis : Tulis Saja!

Menulis adalah kegiatan menuangkan gagasan dalam bentuk teks. Menulis bisa dilakukan dimana saja, menulis dikertas? Bisa, dan sudah menjadi kebiasaan kita sejak usia playgroup atau taman bermain. Menulis dimeja, kursi, tembok? Hehehe... Itu juga dinamakan menulis, namun lebih sering dinamakan sebagai mencoret-coret. Dan menulis yang paling keyen (keren) saat ini adalah menulis pada Blog.

Kegiatan menuangkan gagasan kedalam bentuk teks merupakan kegiatan yang positif untuk dilakukan yang bisa menjadi sarana kita dalam mempermudah mengingat suatu hal dengan menuliskannya dalam bentuk teks. Dengan menulis, ide/gagasan tidak hanya melintas dalam kepala lalu hilang begitu saja. Namun sesuatu yang kita tulis akan abadi! Ingat, sesuatu yang kita tulis akan abadi!

Coba ingat-ingat kembali tulisan apa saja yang sudah kita tulis pada saat usia TK, SD, SMP. Apa kita masih ingat dengan tulisan-tulisan yang kita tulis pada masa-masa itu? Saya jamin tidak akan ingat, kalaupun ingat paling juga hanya sedikit saja ( surat cinta untuk pacar diantaranya :D ). Coba tengok buku-buku tempat kita menuliskan tulisan saat itu. Tulisan-tulisan kita masih ada dan akan mengingatkan kita kisah dibalik tulisan-tulisan yang sudah kita buat pada buku-buku usang masa lalu kita. Maka mulailah menulis! Yang sudah giat menulis, lebih giat lagi menulis. Yang belum punya niat menulis, mulailah untuk niat menulis.

Tapi masalahnya adalah terkadang banyak diantara kita yang tidak tahu mau menulis apa. Ada ide namun tidak bisa menuangkannya dalam kata-kata. Bisa menuangkannya dalam kata-kata namun takut mendapat ejekan (bahasa halusnya kritikan) dari pembaca. Wis mboh, pokok'e takut memulai menulis.

Satu tips yang mungkin bisa membantu mengatasi ketakutan kita dalam menulis adalah...

TULIS SAJA!

Tulis saja gagasan yang kita punya. Masalah ada ejekan atau kritikan, nanti seiring berjalannya waktu dan terbiasa dalam menulis pasti akan merasa kalau ejekan atau kritikan adalah faktor X yang harus kita alami sebelum terbiasa menulis. Faktor X yang menjadi suplemen bagi kita agar lebih semangat dan lebih baik lagi dalam menulis.
Tips Menulis : Tulis Saja!, Tips Menuli, Tulisan Bagus
Menulis Yuk!! Agar gagasan kita tidak hanya berlalu begitu saja.

Selamat menulis! Selamat ngeBlog Blogger Tuban!

1 komentar:

Scroll to top